Aplikasi & Ekstensi Chromebook untuk Pembelajaran Interaktif

Pembelajaran Interaktif

Ekstensi ini digunakan untuk memberikan komentar dalam bentuk audio sehingga bentuk umpan balik pun semakin bervariasi. Ekstensi ini terintegrasi dengan Google Docs, Slides, Sheets dan Classroom.

Aplikasi ini memudahkan pembelajaran dua arah secara interaktif dalam kelas menjadi aktif dan menyenangkan. Dengan Nearpod, siswa akan memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam pembelajaran dan melibatkan VR, objek tiga dimensi, simulasi sains PHET, dan banyak hal lainnya.

Membuat stiker yang terpersonalisasi dan terintegrasi dengan Google Chrome. Dapat dimasukan ke dalam Google Docs, Chat, Gmail, dan juga Google Slides.

Extensi yang memudahkan pembelajaran dua arah secara interaktif dalam kelas sehingga aktif dan menyenangkan. Guru dapat melihat hasil respons dan kerja siswa dalam waktu yang bersamaan melalui Google Slides.

Optimalisasi Google Meet

Anda bisa menggunakan ekstensi ini untuk mendapatkan fitur break out room untuk Google Meet.

Anda bisa menggunakan ekstensi ini untuk mendapatkan fitur break out room untuk Google Meet.

Anda bisa menggunakan ekstensi ini untuk mendapatkan fitur break out room untuk Google Meet.

Produktivitas

Ekstensi Google Chrome ini memfasilitasi untuk memasukan simbol, persamaan, dan grafik matematika di Google Docs, Google Sheet, dan Google Form. Persamaan dan simbol yang telah dibuat juga dapat diunduh dalam berbagai format untuk digunakan lebih lanjut.

Ekstensi ini memberikan kemampuan untuk membuat anotasi pada pdf dan penilaian. Terintegrasi dengan Google Drive dan Google Classroom.

Ekstensi ini memfasilitasi dalam pengecekan grammar dan spelling dalam pengetikan berbahasa Inggris. Terintegrasi dengan Google Docs.

Ekstensi ini digunakan untuk merekaman tangkapan layar Chrome. Memiliki kemam-puan untuk merekam layar, mengubah, dan membagikan video

Aplikasi ini digunakan untuk membuat model 3D dengan mudah. Anda bisa membuat apapun dan langsung tersimpan di Google Drive.

Gunakan ekstensi ini untuk mengedit, mengkonversi, menggabungkan, memisah, dan mengkompres halaman PDF Anda. Ekstensi ini juga terintegrasi dengan GMail.

Evaluasi

Extensi ini digunakan untuk menghentikan Google Form menerima respons dengan setelan maksimal jumlah respon, tanggal dan waktu, atau setelah sel pada spreadsheet sama dengan nilai tertentu. Hanya terbatas untuk akun G Suite.

Quilgo memungkinkan pengguna untuk melakukan penghitungan waktu mundur, perekaman kamera, dan menghindari kecurangan selama ujian pada saat menggunakan Google Form.

Plagium berguna untuk membantu pengecekan keaslian sebuah teks dengan mendeteksi kemungkinan adanya plagiat (atau penggunaan kembali konten tertentu secara umum).

Desain Visual

Canva memungkinkan pengguna (terutama pengguna yang tidak memiliki keahlian dan pengalaman dalam desain) untuk mengekspresikan ide-ide mereka melalui konten yang menarik seperti proyek digital, poster, infografis, video, dan laporan.

Dengan menggunakan Spark, siswa di kelas mana pun dapat membuat video bernarasi, tugas menulis, presentasi, poster, atau konten visual lainnya yang memberdayakan mereka untuk berpikir kreatif dan berkomunikasi dengan cara yang lebih menarik secara visual.

Vectr adalah perangkat lunak pengedit grafik vektor gratis, sederhana dan intuitif. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengerjakan grafik untuk pemasaran, jenis logo, ikon, desain UI situs web, brosur atau seni vektor.

Coding

Google Apps Script adalah platform JavaScript yang menyediakan cara mudah untuk mengintegrasikan dan mengotomatiskan tugas di seluruh produk Google dan layanan pihak ketiga serta membangun aplikasi web.


Scratch digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia baik di dalam maupun di luar sekolah. Dengan Scratch, Anda dapat membuat kode cerita interaktif, game, dan animasi Anda sendiri, lalu membagikannya dengan teman, ruang kelas, atau komunitas pembuat konten global.

Grasshopper

Grasshopper adalah cara terbaik untuk memulai petualangan pembelajaran koding Anda dengan permainan cepat yang menyenangkan di ponsel Anda yang mengajarkan Anda untuk menulis JavaScript yang sebenarnya.


Musik

Untuk anda yang ingin mencoba rekaman atau produksi musik tanpa ribet, anda dapat mencoba aplikasi ini. Dalam aplikasi pengedit musik ini juga disediakan beragam efek dan suara yang menarik perhatian dari beberapa genre musik. Selain itu, BandLab juga memungkinkan anda melakukan produksi musik secara kolaboratif sehingga bisa saling bertukar ide jarah jauh.

Soundtrap adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk pembuatan musik dan podcast. Anda akan memiliki akses ke koleksi lengkap loop, efek, dan instrumen perangkat lunak berkualitas.

Fotografi

Pixlr Editor adalah editor foto browser untuk semua kebutuhan pengeditan foto Anda. Jika Anda terbiasa bekerja dengan Gimp, PaintShop Pro, atau Photoshop, anda tidak akan menemukan kesulitan dalam mengoperasikan aplikasi ini.

Snapseed adalah editor foto lengkap dan profesional yang dikembangkan oleh Google. Kelebihan aplikasi ini bisa membuka file RAW tanpa merusak gambar, lalu bisa mengekspornya sebagai JPG. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan 29 fitur dan filter edit. Semua gaya foto dapat disesuaikan dengan kontrol presisi yang halus.

Video

WeVideo berguna untuk membuat proyek seperti video layar hijau, podcast, screencast, narasi pribadi, portofolio, proyek kelas terbalik, dan banyak lagi.

Prezi Video merupakan aplikasi yang tepat untuk merekam video pelajaran mini pribadi, panduan belajar, dan tugas yang menarik dan mendistribusikannya melalui Google Classroom.

VN merupakan aplikasi editor video yang dapat membantu Anda membuat video dengan mudah, mengedit video untuk YouTube, Instagram, Tik Tok, Facebook, Messenger, Whatsapp, Twitter, dll.

Powtoon adalah platform pembuatan video dan presentasi terkemuka dunia. Anda dapat membuat video dan presentasi yang unik dan indah dengan mudah menggunakan Powtoon.


Temukan aplikasi dan ekstensi menarik lainnya di Chromebook App Hub